Sabtu, 15 April 2017



Klitikan Pelajar
Oleh: Mulkhan Andreza

Akhir-akhir ini maraknya kasus klitikan di jogja yang meresahkan seluruh masyarakat maupun pendatang di kota pendidikan ini. Sungguh ironi jika kita melihat klitikan ini dilakukan oleh beberapa pelajar di jogja. Kegiatan ini biasanya dilakukan bergerombolan atau ber-geng yang mana mereka akan turun ke jalan-jalan untuk melakukan kekerasan. Biasanya ada yang mereka targetkan, tapi sekarang siapapun bisa menjadi korbannya.
Klitikan merupakan PR besar buat pemerintah jogja untuk menuntaskan kasus ini. Karena menurut pengakuan salah satu pelajar, klitikan merupakan kegiatan yang sudah turun-menurun di kalangan pelajar khususnya di daerah jogja. Dan tidak lepasnya juga dari peran guru-guru di sekolah untuk memantau atau mengal murid-muridnya. Karena klitikan ini berawal dari geng-geng yang berada di sekolah-sekolah. Maka pihak sekolah harus memahami dan menanamkan nilai-nilai atau norma-norma yang baik kepada seluruh muridnya agar mereka tidak melakukan yang bisa melukai orang lain.
Harapan penulis, jogja bisa kembali aman lagi dan tentramn untuk seluruh pelancong dan para pendatang khususnya. Mahasiswa yang sedang mencari ilmu di kota pendidikan ini. Karena sunggu ironi jika para pelajarnya melakukan aksi kekerasan yang tidak mencerminkan kota pendidikan ini.

0 komentar:

Posting Komentar