Sabtu, 10 Juni 2017

 Pengurus HMI Tarbiyah Ucapkan Ikrar Pelantikan di Bulan Ramadhan
Oleh : Qodri Syahnaidi*

Ada hal menarik yang terjadi pada siang Sabtu (10/6). Ketika kebanyakan mahasiswa dan sebagian aktivis melakukan ibadah tidur di bulan Ramadhan, HmI Komisariat Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta melakukan pelantikan Pengurus Komisariat, Pengurus Korps HMI-wati (KOHATI) dan Pengurus Lembaga Pers Mahasiswa Islam (LAPMI) Edukasi. Pelantikan tersebut bertepatan dengan tanggal 15 Ramadhan 1438H pukul 10.00 sampai dengan pukul 13.00 wib.
Adapun tema yang diangkat pada pelantikan kali ini ialah “Peningkatan Kualitas Intelektual Berbasis Kultural dalam Mewujudkan Kader Profesional”. Tema ini merupakan arah perjuangan Rapat Anggota Komisariat (RAK) sebelumnya yang menjadi landasan bagi pengurus saat ini dalam melakukan kerja organisasi. Mengenai makna tema, dijelaskan oleh ketua umum HMI Komisariat Tarbiyah, Kanda Mulkhan Andreza dalam sambutannya, “Kita harus menghilangkan sekat-sekat di tubuh HmI  sehingga akan tercipta kultur kekeluargaan, setelah kultur tercipta, baru kita asah intelektual sehingga tercipta kader profesional yang dapat mewujudkan tujuan HmI.” Terangnya.
Pelantikan dimulai dengan melantik pengurus komisariat yang dinahkodai oleh kanda Mulkhan Andreza beserta segenap awak kapalnya (baca: pengurusnya). Pengurus komisariat ini  dilantik oleh formatur HmI Cabang Yogyakarta, Yunda Elvi Suharni. Pelantikan kali ini dilantik oleh formatur  HmI Cabang Yogyakarta karena kepengurusan HMI Cabang Yogyakarta belum dilantik. “Kita sekarang sedang masa transisi sehingga formatur yang melantik pengurus Komisariat, mengenai SK (Surat Keputusan), itu menggunakan SK istimewa yang dikeluarkan oleh formatur dan bersifat sementara, nanti setelah cabang dilantik, SK pelantikan Komisariat akan kita perbaiki dan perbaharui menjadi SK tetap.” Jelas Elvi, formatur HmI Cabang Yogyakarta. Setelah pengurus Komisariat dilantik, langsung diadakan Serah Terima Jabatan (Sertijab) antara Ketua Umum dan Sekretaris Umum demisioner dengan Ketua Umum dan Sekretaris Umum sekarang.
Ketika pengurus Komisariat selesai dilantik, dilanjutkan dengan pelantikan pengurus KOHATI dengan Ketumnya yunda Etika Nurhandayani beserta jajaran pengurusnya. SK pelantikan dibacakan oleh Ketua Bidang (Kabid) Perguran Tinggi, Kemahasiswaan dan Kepemudaan (PTKP) HMI komisariat Tarbiyah, kanda Posman Rambe, sedangkan yang melantik ialah Ketum HMI Tarbiyah, kanda Mulkhan Andreza. Sama dengan pelantikan pengurus Komisariat, setelah pengurus KOHATI dilantik, diadakan sertijab antara Ketua Umum dan Sekretaris Umum KOHATI demisioner dengan Ketua Umum dan Sekretaris Umum KOHATI sekarang.
Pelantikan yang terakhir ialah pelantikan Lembaga Pers Mahasiswa Islam (LAPMI) Edukasi yang dipimpin oleh Siti Muflihah. Pengurus LAPMI Edukasi dilantik oleh Ketua Umum HMI Komisariat Tarbiyah, setelah selesai melakukan sertijab, LAPMI Edukasi periode sebelumnya membagikan buletin LAPMI Edukasi edisi  kepada alumni yang hadir, perwakilan Komisariat, serta anggota HMI lainnya. Kegiatan pelantikan ditutup dengan penampilan Tarbiyah Nyanggar yang membawakan 2 buah lagu untuk menghibur hadirin yang sedang kepanasan dan kehausan.
Pengurus HMI komisariat Tarbiyah diharapkan bisa bergabung  bersama komisariat-komisariat dilingkup HMI Koordinator Komisariat (Korkom) UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta dalam melanjutkan misi menghijau-hitamkan UIN Sunan Kalijaga. “pengurus harus mampu untuk membumikan ide-ide universal kedalam UIN Sunan Kalijaga agar terwujudnya UIN Sunan Kalijaga adil makmur yang diridhoi Allah SWT, ini menjadi tugas dari pengurus.” Jelas Fandi Ahmad dalam sambutannya sebagai demisioner Ketua Umum HMI Korkom UIN Sunan Kalijaga.



*Anggota HMI Komisariat Tarbiyah, Aktivis (katanya) yang berani mati tapi takut lapar.

0 komentar:

Posting Komentar