Sabtu, 15 April 2017



Ilusi Kebahagiaan Hari Wisuda
Oleh: Maulana Iskandar

Wisuda, sepatah kata yang menjadi harapan setiap insan yang memaski dunia pendidikan di perguruan tinggi. Rombongan keluarga berbondong-bondong dating ke kota untuk menyaksikan hari bersejarah dalam kehidupan mahasiswa. Ratusan mahasiswa berpakaian lengkap dengan toganya memenuhi gedung pelepasan wisudaan-wisudawan. Pedagang-pedagang kecil memadati kawasan sekitar gedung dengan beraneka ragam aksesoris dagangannya. Mulai dari bunga, boneka, minuman sampai pedagang bakso.
Dibalik meriahnya upacara itu, tersimpan harapan dan juga tantangan. Banyak mahasiswa yang meluapkan kegembiraannya melalui berbagi hal, menangis, ketawa lebar-lebar dan mentraktir kawan-kawannya. Namun ada suatu hal yang harus digaris bawahi. Setelah wisuda kalian mau apa?, disinilah terjadi banyak delima setelah prosesi yang seneriah itu. Bingung dan bimbang, dua kota yang mungkin bisa menggambarkan keadaan mahasiswa setelah melewati hari wisuda, mau cari kerja dimana, mau lanjut S2 diamana. Rangkaian pertanyaan ini mulai mendatanginya.
Rencana-renacananya merupakakn hal yang penting untuk dibuat dalam menjalani perkuliahan, agar setelah wisuda tidak hanya menikmati indahnya ilusi kebahagiaan wisuda, tapi juga menikmati indahnya kebahagiaan secara nyata.

0 komentar:

Posting Komentar